SELAMAT DATANG PARA PECINTA OLAHRAGA DAN KESEHATAN

SELAMAT DATANG PARA PECINTA OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Jumat, 09 November 2012

Yoga untuk Pemula - 5 Tipe Asana yang Patut Dicoba


Saat ini orang-orang banyak memburu tempat pelatihan yoga di beberapa pusat kebugaran atau studio yoga. Yoga memang dinilai sebagai olahraga yanga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh dan dengan gerakan yang tidak terlalu berat dan kompleks. Namun untuk orang-orang yang super sibuk atau yang tidak dapat meninggalkan rumah, datang ke tempat pelatihan yoga bisa dinilai akan sangat merepotkan. Untuk itu,  berikut adalah beberapa gerakan yoga untuk pemula yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

Seated Yoga pose

seated yoga pose

Gerakan yang pertama dan utama bagi para pelaku senam yoga adalah menguasai gerakan duduk yang benar. Mungkin ini terdengar sepele dan tidak begitu berat tapi percayalah tak semua orang bisa terbiasa duduk dengan posisi baik dan benar dalam waktu yang lama. Gerakan duduk yang baik dalam senam yoga adalah duduk bersila dengan posisi tubuh tegap dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks. Gerakan ini juga merupakan dasar dari gerakan yoga penguat otot serta beberapa gerakan memilin tubuh.


Standing Yoga Pose


Setelah gerakan dasar yoga untuk pemula yang pertama bisa dilakukan dengan baik, sekarang gerakan dasar kedua. Pertama-tama, buka kaki anda lebar-lebar setelah itu letakan tangan kiri anda lurus ke kaki sedangkan tangan yang kanan mengarah miring ke samping, sekitar 45 derajat. Tak lupa pandangan mata juga mengikuti arah tangan kanan anda. Gerakan ini baik untuk membentuk tubuh anda.

Restorative Pose - Child Pose (Balasana)


Gerakan ini begitu mudah dan simple namun berefek langsung ke bagian vital tubuh yaitu , melatih alat pernapasan kita. Gerakan yoga untuk pemula ini diawali dengan duduk bersimpuh ala orang Jepang (duduk seiza). Setelah itu condongkan badan ke depan menyentuh paha dan kepala menyentuh lantai sedangkan tangan terjulur ke depan

Core Pose - klik -> berbagai macam Core Poses
Gerakan ini berbentuk huruf A karena anda harus membungkuk terlebih dahulu lalu mengangkat pantat anda ke atas. Tangan menyentuh lantai serta kepala dibungkukan sejajar dengan tangan. Gerakan ini berguna untuk untuk membentuk otot abdomen anda.


Back Pain Pose
- Bridge Pose (Setu Bandha Sarvangasana)


Gerakan ini berguna untuk melatih otot punggung dan membantu penyembuhan cedera otot punggung. Gerakan diawali dengan tidur telentang, kaki ditekuk serta pantat diangkat ke atas. Tangan rileks diletakan ke samping tubuh.

4 komentar:

  1. Salam kenal...
    Artikeelnya bagus nihh... Kalau boleh tau, apakah sebelum melakukan gerakan yoga, harus melakukan pemanasan terlebih dahulu? dan jenis baju senam apa yang harus dikenakan?
    Thanks... :)

    BalasHapus
  2. Senam yoga asalnya dari negara mana yaa? dan mulai menyebar d indonesia tahun berapa yaa?
    menurut sis baju senam wanita berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam yoga?

    BalasHapus
  3. Thx ya sis info'nya :), perbedaan dari senam yoga dan pilates apa ya?, trus apakah baju senam body image yg dipakai juga hampir sama? ^^

    BalasHapus
  4. untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan yoga itu minimal berapa menit?...
    dan baju senam wanita yang bagus untuk yoga itu merek apa?...
    mohon petunjuknya..

    BalasHapus